Rabu, 07 Januari 2009

Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah Peningkatan Profesi Guru

Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah Peningkatan Profesi Guru
1. Laporan Hasil Penelitian
A. Bagian Pembuka
1) Halaman Judul
2) Lembar Pengesahan
3) Kata Pengantar
4) Daftar Isi
5) Daftar Lampiran
B. Bagian Inti
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
Bab II Kajian Teori atau Tinjauan Kepustakaan
A. Pembahasan Teori
B. Kerangka Pemikiran dan Argumentasi Keilmuan
C. Pengajuan Hipotesis
Bab III Metodologi Penelitian
A. Waktu dan Tempat Penelitian
B. Metode dan Rancangan Penelitian
C. Populasi dan Sampel
D. Instrumen Penelitian
E. Pengumpulan Data dan Analisis Data
Bab IV Hasil-hasil Penelitian
A. Jabaran Variabel Penelitian
B. Hasil Penelitian
C. Pengujian Hipotesis
D. Diskusi Penelitian, mengungkapkan pandangan teoretis tentang hasil penelitian yang didapatnya
Bab V Kesimpulan dan Saran
C. Bagian Penutup/Penunjang
1) Daftar Pustaka
2) Lampiran-lampiran (Instrumen penelitian)

2. Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
A. Bagian Pembuka
1) Halaman Judul
2) Lembar Pengesahan
3) Kata Pengantar
4) Daftar Isi
5) Daftar Lampiran
B. Bagian Inti
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan dan Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Hasil Penelitian
Bab II Kajian Pustaka
A. Kajian Teori
B. Kajian Hasil Penelitian






Bab III Metodologi /Metode Penelitian
A. Objek Tindakan
B. Setting/Lokasi/Subjek Penelitian
C. Metode Pengumpulan Data
D. Metode Analisis Data
E. Cara Pengambilan Kesimpulan
Bab IV Hasil Penelitian
A. Gambaran Selintas tentang setting
B. Uraian Penelitian secara Umum - Keseluruhan
C. Penjelasan per siklus
D. Proses Menganalisis Data
E. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan
Bab V Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran untuk tindakan lebih lanjut
C. Bagian Penutup/Penunjang
1) Daftar Pustaka
2) Lampiran-lampiran (Instrumen penelitian)

3. Tinjauan/Ulasan Ilmiah Hasil Gagasan Sendiri
A. Bagian Pembuka
1) Halaman Judul
2) Kata Pengantar
3) Daftar Isi
4) Abstrak
B. Bagian Inti
Bab I Pendahuluan berisi uraian mengenai hal yang dipermasalahkan
Bab II Kajian Teori dan Fakta mengenai hal yang dipemasalahkan
Bab III Tinjauan/Ulasan
Bab IV Kesimpulan
C. Bagian Penutup/Penunjang
1) Daftar Pustaka
2) Lampiran-lampiran (Instrumen penelitian)

4. Buku
A. Bagian Pendahuluan
1) Kata Pengantar
2) Daftar Isi
3) Penjelasan Tujuan Buku Pelajaran
4) Petunjuk Penggunaan Buku
5) Petunjuk Pengerjaan soal latihan
B. Bagian Inti
1) Judul bab atau topik isi bahasan
2) Uraian singkat isi pokok bahasan
3) Penjelasan tujuan bab
4) Uraian isi pelajaran
5) Penjelasan teori
6) Sajian contoh
7) Ringkasan isi bab
8) Soal latihan
9) Kunci jawaban soal latihan
C. Bagian Penutup/Penunjang
1) Daftar Pustaka
2) Lampiran-lampiran




5. Modul
a. Judul
b. Pengantar
c. Petunjuk penggunaan modul
d. Tujuan umum pembelajaran
e. Kemampuan prasyarat
f. Pretes
g. Tujuan khusus pembelajaran
h. Isi bahasan
i. Kegiatan belajar
j. Rangkuman
k. Tes
l. Sumber media yang dapat digunakan
m. Tes akhir dan umpan balik
n. Rancangan pengajaran remedial
o. Daftar pustaka

6. Diktat Pelajaran
A. Bagian Pendahuluan
1) Halaman Judul
2) Kata Pengantar
3) Daftar Isi
4) Penjelasan Tujuan Diktat Pelajaran
B. Bagian Inti
1) Judul bab atau topik isi bahasan
2) Penjelasan tujuan bab
3) Uraian isi pelajaran
4) Penjelasan teori
5) Sajian contoh
6) Sol latihan
C. Bagian Penunjang
1) Daftar Pustaka
2) Lampiran

7. Alat Peraga
A. Bagian Pembuka
1) Halaman Judul
2) Lembar Pengesahan
3) Kata Pengantar
4) Daftar Isi
B. Bagian Inti
1) Latar belakang pembuatan alat peraga
2) Manfaat alat peraga
3) Bahan yang digunakan
4) Keadaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga
5) Prestasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga
6) Foto/gambar alat peraga


Penyusunan Laporan Kegiatan
Penelitian (dengan metode) eksperimen mempunyai ciri khusus yakni adanya perlakuan atau tindakan terhadap suatu variabel guna mengetahui bagaimana dampak tindakan itu pada variabel yang lain. Sesuai dengan cara pelaksanaannya, terdapat berbagai jenis penelitian eksperimen, seperti: eksperimen murni yang umumnya dilakukan di laboratorium, penelitian eksperimen kuasi yang umum dilakukan guru di kelasnya, dan lain-lain.
Hasil pembelajaran (variabel tergantung)
§ Efektivitas
§ Efisiensi
§ Kemenarikan
Faktor lain yang berpengaruh pada hasil pembelajaran di luar proses pembelajaran, (variabel moderator) misalnya:
§ Karakteristik siswa, Sarana/Prasarana, Manajemen Sekolah, Mata pelajaran, dll


Proses Pembelajaran (Variabel bebas)
§ Merancang Pembelajaran
§ Menyajikan Pembelajaran
§ Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaranPenelitian eksperimen dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi atau data tentang akibat dari adanya suatu treatment atau perlakuan. Penelitian eksperimen dilakukan untuk mengetes suatu hipotesis dengan ciri khusus yaitu (a) adanya variabel bebas yang dimanipulasi, (b) adanya pengendalian atau pengontrolan terhadap semua variabel lain kecuali variabel bebas yang dimanipulasi, dan (c) adanya pengamatan dan pengukuran terhadap variabel terikat sebagai akibat dari tindakan manipulasi variabel bebas
Penelitian eksperimen yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran umumnya bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa perlakuan dalam perancangan, penyajian atau evaluasi pembelajaran (sebagai variabel bebas) dengan hasil belajar siswa (sebagai variabel tergantung). Penelitian bertujuan menguji hipotesis yang berkaitan dengan ada tidaknya perbedaan antar variabel bebas terhadap variabel tergantung.
Penelitian eksperimen jenis ini umunya dilengkapi dengan adanya variabel moderator yang berupa variabel dalam diri siswa. Untuk kemudian dikaji ada tidaknya hubungan, dan interaksi di antara variabel. Sebagai contoh, riumusan masalah dalam jenis penelitian ini adalah sebagai berikutL

· Adakah perbedaan skor matematika akibat berbedanya metode mengajar yang dipakai?
· Adakah hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap metode menhajar dengan skor matematikanya?
· Adakah interaksi antara metode mengajar, sikap dan skor matematika?

Definisi : Penelitian eksperimen dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi atau data sebagai akibat dari adanya suatu perlakuan. Perlakuan ini dapat berupa penerapan rancangan pembelajaran, strategi mengajar atau sistem evaluasi hasil belajar yang baru.
Penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas bertujuan untuk menguji suatu hipotesis. Misalnya untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara suatu metode pembelajaran yang baru dengan metode pembelajaran yang selama ini dilakukan.
Penelitian eksperimen mempunyai ciri khusus yaitu,
· adanya variabel bebas yang dimanipulasi,
· adanya pengendalian atau pengontrolan terhadap semua variabel lain kecuali variabel bebas yang dimanipulasi,
· adanya pengamatan dan pengukuran terhadap variabel terikat sebagai akibat dari tindakan manipulasi variabel bebas.

Berikut disajikan contoh judul dan rumusan masalah penelitian eksperimen di bidang pembelajaran,

Judul penelitian
Rumusan masalah
Keunggulan strategi sajian pembelajaran konsep berdasarkan metode A terhadap metode B pada pembelajaran konsep pada mata pelajaran X, di kelas Y di sekolah Z
§ Apakah strategi pembelajaran konsep berdasarkan metode A lebih unggul dari metode B dalam pemerolehan mengingat konsep pada mata pelajaran X, di kelas Y di sekolah Z?
§ Apakah strategi pembelajaran konsep berdasarkan metode A lebih unggul dari metode B dalam pemerolehan menggunakan konsep pada mata pelajaran X, di kelas Y di sekolah Z?
§ Dan seterusnya..


Kerangka Isi Tulis Umumnya KTI laporan hasil penelitian eksperimen ini mempunyai kerangka bagian isi sebagai berikut:
Bagian Awal yang terdiri dari: (a) halaman judul; (b) lembaran persetujuan dan pernyataan dari kepala sekolah yang menyatakan keaslian tulisan dari si penulis; (c) pernyataan dari perpustakaan yang menyatakan bahwa makalah tersebut telah disimpan diperpustakannya, (d) pernyataan keaslian tulisan yang dibuat dan ditandatangi oleh si penulis, (e) kata pengantar; (f) daftar isi, (bila ada : daftar label, daftar gambar dan daftar lampiran), serta (g) abstrak atau ringkasan.
Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
· Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah (terutama penjelasan mengapa perlakuan hal yang akan di eksperimenkan itu, dipilih untuk dikaji), Perumusan Masalah (bagian penting dari penelitian ekseperimen adalah kejelasan rumusan masalah), Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian
· Bab Kajian / Tinjauan Pustaka yang menguraikan kajian teori dan pustaka yang berkaitan dengan variabel-variabel yang dikaji, dan ditujukan untuk menetapkan hipotesis penelitian.
· Bab Metode Penelitian yang menjelaskan tentang prosedur pelaksanaan penelitian (terutama uraian tentang sampel, prosedur pelaksanaan perlakuan, prosedur pelaksanaan eksperimen, prosedur observasi dan evaluasi, serta hasil penelitian).
· Bab Hasil penelitian dan pembahasan memuat diskripsi setting obyek penelitian, data hasil penelitian baik data kuantitatif maupun kualitatif, pengujian hipotesis, dan pembahasan,
· Bab Simpulan dan Saran-Saran.

Bagian Penunjang yang mumnya terdiri dari sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang diperlukan untuk menunjang isi laporan.
Lampiran utama yang harus disertakan adalah (a) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian, (b) contoh-contoh hasil kerja dalam pengisian/ pengerjaan instrumen baik oleh guru maupun siswa, (c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar